onBux earn money easily...

Thursday, September 3, 2009

How Keyboard Works

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara kerja sebuah keyboard pada komputer. Pertama melakukan input pada keyboard, dengan menekan salah satu key atau tombol pada keyboard maka akan menyebabkan per/(pegas) dibawahnya menekan logam yang berada di bawahnya sehingga arus listrik dapat mengalir melewatinya.

Arus listrik kemudian diterima oleh chip pada keyboard yang disebut sebagai microprocessor, seperti contohnya Intel 8048. Pada chip ini telah tersimpan berbagai alamat sehingga dapat diketahui tombol mana yang telah ditekan. Setiap key pada keyboard mempunyai set kode yang unik, contohnya keyboard dapat membedakan shift key pada kanan dengan yang terletak pada bagian kiri keyboard.

Untuk membedakan signal sebenarnya dan fluktuasi arus yang tidak biasa terjadi, scan dilakukan ratusan kali dalam tiap detik oleh processor dalam keyboard. Processor hanya akan meneruskan signal yang ditemukan 2 atau lebih dalam proses scan.

Scan code adalah nomor yang dihasilkan oleh processor dan disebabkan oleh setiap key yang membawa signal yang berbeda-beda. Ada 2 scan code pada setiap key, yaitu pada saat tombol pada keyboard ditekan dan pada saat tombol dilepas. Processor menyimpan nomor dalam memory buffer keyboard dan didalamnya memuat nomor di sebuah koneksi port yang dapat terbaca oleh BIOS komputer. Kemudian processor mengirimkan signal tersebut menuju kabel keyboard untuk memberitahukan processor bahwa ada scan code yang sedang menunggu untuk diproses.

BIOS membaca scan code dari port keyboard, dan mengirimkan signal kepada keyboard bahwa keyboard dapat menghapus scan code yang terdapat dalam buffer.

Untuk key lain yang berada pada keyboard, BIOS cek 2 byte tersebut untuk menentukan status pada shift key dan toggle key. Tergantung pada status yang ditandai oleh byte tersebut, BIOS menerjemahkan scan code ke dalam ASCII code (American Standard Code for Information Interchange). Uppercase atau Lowercase mempunyai kode ASCII yang berbeda. Aplikasi-aplikasi komputer dapat memilih untuk menerjemahkan tombol ke karakter yang muncul pada layar monitor atau sebagai perintah.

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete