onBux earn money easily...

Wednesday, September 2, 2009

How E-mail Works

Email merupakan Singkatan dari electronic mail. Pesan, atau surat secara elektronik, baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet.
 
Perangkat lunak yang digunakan dalam pengiriman dan penerimaan email seperti thunderbird, outlook dll. Isi dari email dapat berupa dokumen word, spreadsheet atau program.

Dapat melakukan attach berupa foto yang disandikan melalui algoritma standard, seperti MIME, wencode atau BINHEX. Yang kemudian foto tersebut diubah menjadi ASCII.
Dalam email setiap lampiran sebelum di-attach selalu di-compress agar pengiriman lebih cepat dan ringan.

Software email terhubung dengan komputer server ISP melalui modem atau koneksi jaringan. Software email terhubung dengan SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) server. Ketika server menyatakan telah terhubung, client memberitahukan kepada bahwa ada pesan yang harus dikirim ke suatu alamat.

Client mengirimkan pesan tersebut ke SMTP server dan meminta konfirmasi. SMTP server menanyakan domain name server, bagaimana mengirimkan pesan melalui internet. Domain name server mencari domain name untuk menempatkan email server penerima.

SMTP mengirimkan pesan berjalan menempuh berbagai router internet. Router menentukan arah jalan electronic. Pesan bisa melewati satu atau lebih gateway. Gateway menerjemahkan data agar dapat dimengerti oleh sistem komputer.

Kemudianm pesan tersebut melewati router internet menuju SMTP Server. Mentransfer pesan ke POP server (Post Office Protocol). POP server menahan pesan sampai user memintanya. User log on ke email software dengan username dan password dan melakukan cek email.

No comments:

Post a Comment