onBux earn money easily...

Saturday, August 29, 2009

Client/Server Network dan P2P Network


Nah, kali ini saya akan menjelaskan perbedaan antara Client/Server network dan Peer-To-Peer Network.
Jaringan Lokal yang disebut sebagai Local Area Network merupakan sambungan node antara node satu dengan node lainny. Node- node tersebut disambung oleh kabel UTP dengan RJ-45, coaxial, FO ataupun wireless. 

Dalam jaringan Client/server, komputer sentral disebut sebagai file server atau host computer. Server mempunyai program dan data files yang dapat diakses oleh komputer lain dalam jaringan. Server dengan NOS (Network Operating System), seperti Windows Server 2003, Linux, Unix mengendalikan pergerakan file dan keamanan dalam jaringan, list user dalam jaringan, password tiap user, drive dan directory yang telah di-set hak aksesnya. Komputer-komputer lainnya yang terhubung dengan server disebut sebagai client.

Tidak mempunyai sentral komputer ataupun yang dinamakan sebagai server. Setiap komputer dalam jaringan berperan sebagai server kepada setiap node dan dalam waktu yang sama komputer tersebut juga berperan sebagai clients. Menggunakan OS personal komputer seperti, Windows 98, XP, Vista dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment